MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN MENERIMA BEASISWA DARI BAZNAS PROVINSI RIAU

Rabu, 16 Agustus 2023, sebanyak sembilan belas orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin menerima beasiswa dari BAZNAS Provinsi Riau di kantor BAZNAS Provinsi Riau jalan Diponegoro. Tahun ini merupakan tahun ketiga bagi mahasiswa yang saat ini sedang KKN menerima beasiswa dari BAZNAS Provinsi Riau. Dari Sembilan belas orang mahasiswa, tiga diantaranya sudah selesai ujian munaqasyah, hanya tinggal menunggu wisuda. Awalnya, jumlah penerima beasiswa BAZNAS berjumlah 20 orang. Saat ini tinggal 19 orang karena ada yang mengundurkan diri dengan alasan bekerja, sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan di asrama BAZNAS.

Beasiswa BAZNAS Provinsi Riau yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Ushuluddin bukan hanya bantuan pembayaran UKT saja, melainkan juga bantuan untuk asrama sebagai tempat belajar 19 orang mahasiswa (Ikhwan 9 orang, akhwat 10 orang), serta bantuan proses pembelajaran Tahfiz Qur’an, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Wawasan Keislaman. Bahkan, tahun 2022 yang lalu, mahasiswa diberi pelatihan budi daya lele dalam ember, pelatihan membuat piring dari lidi sawit, mengelola limbah plastik menjadi tas, alas piring, serta pelatihan langsung ke sentra industri, guna menumbuhkan jiwa enterpreuner bagi mahasiswa penerima beasiswa tersebut.

“Mewakili pimpinan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau, kami mengucaptan terima kasih kepada BAZNAS Provinsi Riau yang telah memberikan bantuan beasiswa dan asrama sebagai wadah Mahasiswa belajar. Kepada mahasiswa diharapkan belajar sungguh-sungguh, membagi waktu secara bijak, agar dapat mewujudkan harapan pihak BAZNAS Provinsi Riau dan Fakultas Ushuluddin, dapat selesai kuliah tepat waktu (KTW), dan dapat mengamalkan ilmunya kelak di masyarakat luas. Mahasiswa harus selalu bersyukur atas nikmat Allah yang telah memberi kemudahan kepada mahasiswa penerima Beasiswa BAZNAS” Demikian, arahan dari Wakil Dekan I, Dr. Hj. Rina Rehayati, M.Ag pada pertemuan tersebut.

Dalam sambutannya, Bapak M. Naseer sebagai perwakilan dari pengurus BAZNAS Provinsi Riau, mengajak kepada mahasiswa yang telah selesai munaqasyah agar dapat berkunjung ke kantor BAZNAS, bekerja sama dengan BAZNAS dalam rangka menyalurkan zakat dari masyarakat Riau ke masyarakat fakir miskin yang ada di Riau. Demikian juga kepada 16 orang mahasiswa yang saat ini sedang KKN, diharapkan setelah menyelesaikan kuliahnya dapat bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Riau.

“Dari sekian banyak mahasiswa yang memasukkan proposal bantuan untuk pembayaran UKT dan penulisan skripsi, proposal yang paling banyak berasal dari mahasiswa Fakultas Ushuluddin. Oleh sebab itu, pihak BAZNAS sangat berharap kepada dosen Fakultas Ushuluddin, dan dosen-dosen UIN Suska Riau dapat menyalurkan zakatnya ke BAZNAS, sehingga banyak mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan mahasiswa Fakultas lainnya di UIN Suska Riau yang terbantu.” Tutur M.Naseer.

“Kepada tiga orang mahasiswa Studi Agama-agama Fakultas Ushuluddin yang telah selesai ujian munaqasyah, dan akan wisuda beberapa bulan lagi, agar memberi kabar ke BAZNAS, karena pihak BAZNAS akan hadir pada saat wisuda tersebut dan meminta testimoninya.” Demikian pesan dari Bapak M. Naseer Ketika menutup sambutannya.

Penulis: @R.R.

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …