Pengenalan Budaya Akademik Dan Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau Tahun Akademik 2023-2024

Pengenalan Budaya Akademik Dan Kemahasiswaan

Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau Tahun Akademik 2023-2024

 

Pekanbaru – Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggaran kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2023. Kegiatan BPAK ini berlangsung pada hari Selasa, 22 Agustus 2023 bertempat di Gedung Rektorat Lantai 5, dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin, Organisasi Mahasiswa (Dewan Eksekutif Mahasiswa, Senat Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Program Studi), Pimpinan, Dosen, serta Tendik Fakultas Ushuluddin.

Pada tahun ini Fakultas Ushuluddin menerima sebanyak 323 mahasiswa baru yang terbagi kedalam 4 prodi, yaitu prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) sebanyak 205 mahasiswa, prodi Ilmu Hadis (ILHA) sebanyak 53 mahasiswa, prodi Akidah dan Filsafat Islam (AFI) sebanyak 47 mahasiswa, dan Studi Agama-Agama (SAA) sebanyak 18 mahasiswa.

Kegiatan PBAK ini dibuka oleh Dekan Fakultas Dr. H. Jamaluddin, M.Us yang didampingi oleh Wakil Dekan I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Hj. Rina Rehayati, M.Ag; Wakil Dekan II bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Afrizal Nur, MIS; Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., MA; Kepala Bagian Tata Usaha Rinayeni, S.Sos; seluruh Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin.

Pada acara pembukaan, Dekan Fakultas Ushuluddin menyampaikan agar mahasiswa harus mulai membiasakan diri dengan banyak membaca buku, karena saat ini kurangnya minat baca di kalangan mahasiswa. Jamaluddin ingin daya minat baca mahasiswa Fakultas Ushuluddin meningkat di setiap tahunnya, agar lebih banyak lagi calon-calon sarjana yang mempunyai wawasan yang luas. Sebagai seorang mahasiswa yang identik dengan dunia intelektual, maka minat baca itu harus terus kita tingkatkan, paparnya.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan narasumber pimpinan Fakultas Ushuluddin. Dalam penyampaiannya Dekan dan Wakil Dekan menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka masing-masing dan tidak lupa memberikan motivasi agar seluruh mahasiswa bersemangan untuk kuliah sehingga bisa lulus tepat waktu.

Pada sesi siang, selanjutya diberikan waktu untuk Ormawa Fakultas Ushuluddin memperkenalkan organisasi mahasiswa. Tampak hadir menyampaikan materi Senat Mahasiswa, Dewan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Rohis Alfata Almumtazar. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan yel-yel dalam upaya memompa semangat mahasiswa baru. Hidup Mahasiswa… !!! (AP)

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …