Fakultas Ushuluddin Selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Prodi

Pekanbaru – Salah satu poin penting dalam Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikirannya di jurnal nasional dan internasional. Kinerja dosen yang selanjutnya menjadi kinerja program studi, fakultas dan perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh seberapa luas dan berkualitasnya publikasi dosen.

Sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola jurnal serta mendorong publikasi ilmiah, Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Prodi. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan bekal dan semangat bagi para pengelola jurnal untuk mengelola jurnal sesuai dengan standar Nasional dan Internasional.

Acara workshop yang diikuti oleh 22 orang tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Agustus 2023 bertempat di Ruang Rapat Senat Lantai 5 Rektorat UIN Suska Riau. Peserta terdiri dari pengelola jurnal, kaprodi, sekprodi dan kepala laboratorium se Fakultas Ushuluddin.  Tidak hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan pengelola jurnal Kreatifitas dari STAI Diniyah Putri Pekanbaru, yang sedang dalam penilaian akreditasi.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Rina Rehayati, M.Ag yang juga berperan sebagai ketua panitia pelaksana. Turut hadir Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Afrizal Nur, MIS; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., MA;  serta Kepala Bagian Tata Usaha Rinayeni, S.Sos beserta staff.

Pada acara pembukaan, Rina Rehayati menyampaikan bahwa jurnal ilmiah sangat dibutuhkan oleh dosen untuk mempublikasikan hasil pemikirannya. Di samping itu, keberadaan jurnal ilmiah sangat mempengaruhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Program Studi sampai ke Dekan Fakultas. “Saat ini kita sudah memiliki Jurnal Ushuluddin yang sudah terakreditasi SINTA 2, dengan itu kita yakin jurnal prodi yang ada saat ini juga bisa  menjadi jurnal Nasional terakreditasi ke depan”, paparnya.

Hadir sebagai narasumber Dr. Novizal Wendry, MA (editor in chief Jurnal Mashdar) dari UIN Imam Bonjol Padang. Materi yang disampaikan mengenai “Manajemen Pengelolaan Jurnal, Substansi Naskah Jurnal serta Pendampingan Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi Sinta”. Dalam penyampaiannya, dosen yang akrab disapa Novizal ini membagikan pengalamannya dalam mengelola Jurnal Mashdar yang meraih peringkat 3 pada akreditasi perdananya. “Mengelola jurnal ini butuh keseriusan dan ketekunan, selain itu juga harus dikelola oleh orang yang memang passion-nya di bidang jurnal”, terangnya.

Workshop ini ditutup dengan pemaparan materi tentang “tata kelola jurnal ilmiah; belajar dari Jurnal Ushuluddin”. Selama kegiatan berlansung, seluruh peserta menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi untuk belajar dan menyerap pengetahuan sebanyak-banyaknya dari narasumber. Peserta juga berharap kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun. (AP)

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …