HMPS IAT UIN SUSKA RIAU GOES TO DESA RAMBAH SAMO ROKAN HULU DALAM RANGKA PENGABDIAN MASYARAKAT

HMPS IAT UIN SUSKA RIAU GOES TO DESA RAMBAH SAMO ROKAN HULU DALAM RANGKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dasar dari Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, mahasiswa ialah sebagai agen of change dalam mewujudkannya selama masa perkuliahan dan mampu menjadi mahasiswa sesungguhnya. Himpunan Mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (HMPS IAT) kali ini melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan sosial untuk saling berbagi rasa kemanusiaan antar sesama manusia, dimana dengan diadakannya kegiatan ini dapat mempererat kekerabatan antar sesama.

“Mahasiswa adalah garda terkuat dalam menyampaikan pikiran rakyat. Merangkul hingga ketepian kehidupan masyarakt dan mengembangkan aspirasi untuk kemajuan bangsa”

Pengabdian masyarakat kali ini dilakukan oleh HMPS IAT Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau di Dusun Sungai Gading, Desa Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Riau dimana acara ini dilaksanakan selama 4 hari 3 malam dari tanggal 1-4 Juni 2023, dan didampingi oleh 3 dosen yakni Afriadi Putra, S. Th. I, M. Hum (Sekretaris Prodi IAT), Dr. Fatmah Taufik Hidayat, Lc, MA (Dosen IAT), Dr. Laila Sari Masyhur, S.Th. I, MA (Dosen IAT).

Alhamdulillah kehadiran HMPS IAT UIN SUSKA disambut baik dan hangat oleh masyarakat disana,  dalam kegiatan ini HMPS IAT mendukung beberapa program kerja yang ada di desa tersebut yaitu dengan menghadirkan beberapa pemateri yang ahli dalam bidang tertentu.

Dalam kegiatan Majlis Ta’lim Ibu-Ibu yang disampaikan oleh dosen pendamping yakni Dr. Fatma dan juga Dr. Laila Sari Masyhur yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Antusias masyarakat dengan adanya kegiatan ini sangat mendukung serta membuat semua berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Kegiatan sosialisasi juga dilakukan di Sekolah Dasar 001 Desa Rambah Samo dengan memberikan kesempatan seharian kepada HMPS IAT untuk memberikan  motivasi, mengarahkan hal yang positif, serta membina siswa SD tersebut, kegiatan sosialisasi ini diawali dengan senam bersama kemudian melanjutkan kegiatan demi kegiatan dan diakhiri dengan gotong royong bersama para siswa dan juga guru.

Setelah itu HMPS IAT melakukan kunjungan ke Kantor Kepala Desa Rambah Samo untuk bersilaturahmi serta gotong royong untuk mempersiapkan acara penutupan. Kemudian dilaksanakannya acara penutupan dengan mengadakan PENSI yang dipimpin oleh ketua pelaksana yaitu Farhan Afif dan juga Faruq Aziz dan rekan-rekan yang lainnya dengan bekerja sama dengan para pemuda yang ada di desa tersebut.

Sekretaris Desa Rambah Samo yaitu pak Hamdan beliau menyampaikan apresiasi atas kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh HMPS IAT dan beliau juga berharap di kemudian hari HMPS IAT dapat untuk datang kembali untuk melakukan kegiatan tersebut dalam jangka waktu yang baik.

Pada acara PENSI yang merupakan puncak dari kegiatan pengabdian masyarakat tersebut alhamdulillah disambut hangat dan luar biasa oleh masyarakat disana untuk hadir meramaikan acara penutupan yang dilakukan dilapangan basket.

“Semoga kegiatan ini dapat tetap berlanjut kedepannya dan bukan hanya dari HMPS IAT saja namun HMPS yang lainnya juga turut serta melakukan kegiatan yang bermanfaat ini, besar harapan saya bagi teman-teman yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat mengevaluasi diri agar bisa kembali terjun ke masyarakat dengan semaksimal mungkin.” Ujar Sayyid Aqiel (Bupati HMPS IAT 2023).

 

Penulis: SM

Dokumentasi:

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …