IZI ( INISIATIF ZAKAT INDONESIA ) BESAMA HMPS ILMU HADIS ADAKAN KEGIATAN MUROJA’AH ON THE ROAD PADA EVENT CAR FREE DAY

Seberapa Cinta Kita Terhadap Al – Qur’an, Dibuktikan Dengan Seberapa Seringnya Kita Berinteraksi

Bersama Al – Qur’an.

Prodi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin

Universitas Sultan Syarif Kasim Riau Tahun 2023.

Muroja’ah On The Road telah dilaksanakan pada event car free day di jl Sudirman, Pekanbaru pada hari Ahad, Tanggal 4 Juni 2023. Kegiatan ini diinisisai oleh Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI ) bersama HMPS Ilmu Hadis.

Kegiatan ini bertujuan mengajak pengunjung dari kalangan anak – anak hingga remaja untuk mengulang kembali hafalan Al – Qur’an mereka. Selain itu Kegiatan murajaah on the road  tentunya bertujuan untuk memfasilitasi para penghafal al-quran agar senantiasa murajaah dan tentunya mensyiarkan al-quran kepada kalangan muslim muslimah yang sedang beraktifitas berolah raga di area car free day.

Di tahun ini , perdana di laksanakannya kembali kegiatan murajaah on the road ,  tentunya menimbulkan rasa antusias baik dari relawan, panitia, maupun peserta yang sebelumnya rutin menyetor hafalan di tempat yang sudah  sediakan .

Anak2 sangat semangat ketika mereka mampu menyetorkan hafalanya dengan baik , begitu juga dengan para orang tua atau pendamping yang juga tentunya merasa bangga dan senang dengan kehadirannya kegiatann murajaah on the road ini.

Banyak dari kita yang secara tidak sadar hafalan Qur’anya yang hilang atau kadang lupa karna sering tidak di muroja’ah baik dari Anak – Anak maupun kalangan dewasa.

Muraja’ah sangat bermanfaat bagi kita penghafal Al Qur’an karena metode menghafal Al Qur’an dengan konsep mengulang ulang hafalan dan murojaah merupakan metode menghafal yang sangat mudah dan sangat efektif untuk bisa dimengerti dan diserap oleh siswa.

Murajaah juga sangat bermanfaat karena problem yang sering terjadi dari seorang hafidz adalah mempertahankan hafalannya, bukan mendapatkannya. Maka dari itu Metode menghafal Qur’an dengan metode murajaah merupakan kunci sukses para hafidz atau penghafal Qur’an untuk mempertahankan hafalannya.

Salah satu panitia IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) mengungkapkan perasaanya mengenai acara tersebut : “Tentunya rasa bahagia bagi saya pribadi karena saya dan tim izi riau bersama relawan mampu memberikan pelayanan berupa murajaah dan layanan ziswaf (baca: zakat, infaq, infaq, shadaqah, wakaf) yang juga bagian dari ladang dakwah kita”

Begitu jugak dengan salah seorang dari mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis yang ikut andil dalam kegiatan tersebut yang mengungkapkan : “Bahwa kegiatan muroja’ah on the road harus berkelanjutan karna kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi anak anak maupun bagi diri kami sendiri, kami dari mahasiswa ilmu hadis siap untuk membantu kegiatan ini dan membantu para rekan – rekan dari IZI untuk setiap acaranya.”

Antusiasme dan respon positif yang baik dari masyarakat dalam membantu memeriahkan kegiatan muroja’ah on the road. Selain itu IZI jugak mewadahi pengunjung dalam Menunaikan zakat, infaq dan sedekah. Dan mahasiswa ilmu hadis tentunya siap membantu dan ikut andil dalam program² yang dilakukan olen IZI.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mencintai al – qur’an dengan kegiatan Muroja’ah On The Road.

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …