FAKULTAS USHULUDDIN KEBUT MBKM

Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program dari KEMENDIKBUDRISTEK. Program ini mendorong mahasiswa menguasai beberapa bidang keilmuan yang nantinya berguna dalam dunia kerja. Program ini juga untuk mendorong proses pembelajaran yang otonom dan fleksibel. disamping itu, MBKM juga penting untuk akreditasi program studi. MBKM ini merupaka salah satu item penilaian dalam pengusulan akreditasi. Oleh karenanya, Fakultas Ushuluddin yang akan mengahadapi beberapa reAkreditasi juga harus segera menerapkan MBKM ini.

MBKM ini tidak bisa dilaksanakan satu institusi saja, hal ini mendorong pimpinan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau untuk menjaja beberapa kerjasama, terutama pada PTKIN yang ada di Sumatera. Ada 4 UIN/IAIN yang sudah dikunjungi oleh Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau diantaranya: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Fakultas UShuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar serta Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi.

Dari keempat Fakultas tersebut terjalinlah Perjanjian Kerjasama yang di tandatangani oleh Dekan masing-masing Fakultas. Tindak lanjut dari perjanjian kerjasama ini adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). MBKM ini sendiri diharapkan bisa terlaksana semester depan, dikarenakan kondisi masih Pandemi Covid-19, maka MBKM ini lebih mudah untuk diterapkan, karena proses belajar mengajar bisa menggunakan media Teknologi.

Penulis: Azmi, ST

Dokumentasi:

UIN Jambi
UIN Imam Bonjol Padang
IAIN Batusangkar
IAIN Bukittinggi

About Ushuluddin

Check Also

Mahasiwa Prodi IAT Menjadi Peserta STQ Nasional XXVI di Maluku Utara

Mahasiwa Prodi IAT Menjadi Peserta STQ Nasional XXVI di Maluku Utara Pekanbaru – Mahasiswa Program …