Home / BERITA UTAMA / International Conference Of Qur’an and Hadith Students (ICQHS) 2019, Malaysia

International Conference Of Qur’an and Hadith Students (ICQHS) 2019, Malaysia

FKMTHI Merupan Suatu Forum Perkumpulan Mahasswa Tafsir Hadits Se Indonesia Yang Mana Sebagai Wadah Untung Mengembangkan Bakat Mahasiswa Serta Sebagai Relasi Dan Menyatukan Eksistensi Mahasiswa Tafsir Hadits. FKMTHI Berdiri Pada 25 Setember 2000 Di IAIN Sunan Kalijaga.

Pada Tahun Ini FKMTHI mengadakan kegaiatan Internasional yaitu Internacional Conference Quran Hadits Student  yang diadakan di University Kebangsaan Malalaysia sebagai tuan rumah. Dalam acara ini FKMTHI mengundang seluruh mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir serta Ilmu Hadits seluruh Indonesia untuk mengikuti acara ini sebagai peserta konferensi tersebut, Prodi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau diwakili oleh SARTIKA DEWI. Sartika Dewi sendiri adalah mahasiswa ilmu hadis semester 5. acara ini berlangsung mulai dari tanggal 1 s/d 4 Oktober 2019 bertempat di aula Fakulty Pengkajian Islam UKM. Dalam acara pembukaan ada kata sambutan dari Dr. Azmi Fahimi Kamaruzaman, Timbalan Dekan Jaringan dan Penjanaan. Kata Sambutan dari Prof. Madya Dr. Jaffary Awang, Pengerusi Pusat Akidah dan Keamanan.

ICQHS tahun ini mengangkat tema ISLAM DAN PERDAMAIAN DUNIA (Perkembangan Kajian Al-Qur’an dan Hadis di Dunia pada era digital saat ini). Dalam acara ini dilakukan dialog tentang perdamaian dunia, seminar dan kunjungan ke KBRI.

Hasil dari konferensi internasional ini ialah

  • Makalah mahasiswa FKMTHI yang telah di presentasikan akan dibukukan oleh FKMTHI, sedangkan ada 10 makalah terbaik dari peserta akan dibukukan bersama mahasiswa Malaysia oleh pihak UKM dan sebagai bahan bacaab atau referensi bagi mahasiswa Malaysia dan Indonesia.
  • Dengan adanya kunjungan FKMTHI ini dari pihak mahasiswa prodi pengajian Al-quran dan Sunnah akan membentuk juga FKMTHM ( Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits Malaysia) yang mana ini menjadi awal mula untuk mebentuk forum se ASEAN dan Internasional dengan negara di luar ASEAN.
  • Kunjungan ini akan bekerja sama antara mahasiswa Malaysia dan Indonesia, salng tukar pikiran untuk perkembangan dunia kususnya dalam kajian Al-Quran dan Hadits.

Dokumentasi:

11
Foto saat pelepasan di bandara Internasional Soekarno Hatta akan berangkat ke Kuala Lumpur Malaysia pada Tanggal 30 September 2019
12
Foto Bersama Guru Besar Prof. Madya Dr. Mazlan Ibrohim dan Bunda Dr. Najah Amran Fakulti Pengajian Islam University Kebangsaan Malaysia
13
Foto bersama Prof. Madya Dr. Jaffary Awang pengurus Pusat Akidah dan Keamanan Global
14
Dialog Mahasiswa UKM dan mahasiswa FKMTHI
15
Kunjungan ke KBRI Malaysia
16
Konferensi bersama mahasiswa UKM Fakulty Pengajian Islam dan FKMTHI
17
Foto Bersama Koordinator Wilayah FKMTHI Sumatera Raya Saudara Asep Hidayatulloh di KBRI Malaysia
19
Foto di depan Aula Fakulty Pengajian Islam UKM setelah Senimar Internasional hari Kedua 02 Oktober 2019

About Ushuluddin

Check Also

1

SIMPOSIUM NASIONAL TAFSIR HADITS SE INDONESIA DAN PELATIHAN DASAR DA’I DAN DA’IAH MUDA

Program Studi Ilmu Hadis di Fakultas Ushuluddin merupakan bagian dari program pengembangan akademik yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *