Ikuti Lomba Nasional, Dua Mahasiswi ILHA Raih Medali Perunggu

Faizah Iffah Annisa dan Lili Nurlatifah, mahasiswi Program Studi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau berhasil memperoleh medali perunggu dalam ajang Pekan Ilmuan Muda Nasional 2 (PIMNAS 2), yaitu sebuah ajang lomba essay tingkat nasional yang diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta yang bekerjasama dengan Capai Cita, Entrepreneurship Factory for Youth Community, Nusantara Muda, dan Sentosa Foundation di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Perlombaan ini diselenggarakan pada tanggal 27-28 Juli 2024 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Tema perlombaan PIMNAS 2 adalah “Optimalisasi Generasi Milenial untuk Indonesia Emas 2045”. Adapun tema essay yang diangkat terkait bidang pendidikan, dengan judul “Efesiensi Pemuda Menuju Pendidikan Indonesia Gemilang dengan Program Mengajar Volunteer ke Plosok Negeri.”

Pada ajang kompetisi tersebut turut serta 600 (enam ratus) mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dimana essaynya diseleksi secara online, dan bagi yang terpilih masuk ke babak final harus mempresentasikan karyanya secara offline di Yogyakarta. Para finalis dari PIMNAS 2 diminta untuk mempersiapkan presentasi dalam bentuk poster. Di dalam poster sendiri tercantum latar belakang, tujuan, solusi, serta kesimpulan dengan menyesuaikan pada essay masing-masing.

Keberhasilan dalam mendapatkan Bronze Medal ini adalah bagian dari proses pembelajaran yang dilalui dengan penuh perjuangan. Diharapkan ini dapat menjadi inspirasi dan sekaligus motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk ikut berkontribusi dalam menghasilkan gagasan dan inovasi.

 

About muhammad arif

Check Also

DEMA FAKULTAS USHULUDDIN MENYEDIAKAN MUSHOLLA, POJOK LITERASI DAN KOTAK DONASI UNTUK BANTUAN UKT MAHASISWA

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin (DEMA FUSHU) kembali memberikan aura baru di fakultas dan gedung …