Mengawali Semester Genap 2023-2024, Prodi IAT Taja Webinar tentang Mendeley dalam Karya Ilmiah

Pekanbaru – Selasa 13 Februari, Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan webinar yang bertajuk “Serba-Serbi Mendeley dalam Karya Ilmiah Pemula & Lanjutan”. Kegiatan ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan Prodi dalam menciptakan mahasiswa yang mampu berbudaya saing dan melek terhadap berbagai perkembangan teknologi. Meskipun Mendeley bukan barang baru dan bukan sebuah program yang begitu rumit terlebih juga merupakan salah satu materi dari mata kuliah Aplikasi Komputer, namun atmosphere keilmuan mahasiswa perlu dihembuskan lagi sehingga timbunan lemak liburan tak lagi mendominasi terutama di awal semester ini.

Webinar ini langsung didapuk oleh narasumber yang ahli dan malang melintang di dunianya Siti Ramadhani S. Pd., M. Kom, dosen tetap Fakultas Sains dan Teknologi tepatnya Prodi Teknik Informatika. Ditengahi oleh Fitra Kurnia S. Kom., M.T sebagai moderator, acara berjalan lancar mulai dari pukul 09.00 WIB hingga berakhir 12.00 WIB. Dihadiri oleh lebih dari 90 peserta yang rata-rata dari Mahasiswa Prodi IAT, webinar berlangsung asyik tak membosankan terlihat dari stabilmya jumlah peserta dari awal hingga akhir kegiatan. Antusiasme peserta juga terlihat dari sesi tanya jawab di sesi akhir bahkan sebagian peserta juga menunggu part selanjutnya dari acara ini.

Mahasiswa dilatih bagaimana cara mengatur daftar pustaka, menulis referensi dari jurnal, prosiding, website tugas akhir dan buku. Mahasisw

a semakin menyadari begitu pentingnya Mendeley yang tak hanya sekedar memberikan kemudahan sitasi referensi ilmiah melainkan juga menjadi pembuka jalan untuk menganalisis masalah penelitian dengan pendekatan bibliometric dan bantuan beberapa aplikasi lainnya seperti publish or perish (parsing) dan vosviewer (mapping). Pada bagian akhir narasumber juga memperkenalkan dan memperbandingkan Mendeley dengan tool reference lainnya seperti Zotero, EndNote dan lain-lain. Dengan ini, mahasiswa diharapkan semakin mudah mencari dan menemukan ide dan gap penelitian sehingga akan terbit artikel-artikel jurnal yang lahir dari tangan mahasiswa, lebih dari itu, tamat sarjana tepat waktu semakin terbuka lebar.

Webinar ini merupakan suatu upaya kita untuk mewujudkan mahasiswa yang adaptif terhadap berbagai perkembangan teknologi dunia kepenulisan. Kegiatan ini merupakan sinergi nyata antar unsur yang ada di UIN Suska terutama Fakultas Sains Teknologi, ucap Ka. Prodi IAT.

Apresiasi sebesar-besarnya untuk narasumber dan berharap kegiatan ini berkelanjutan di semester-semester berikutnya dengan berbagai tema menarik yang semakin berkembang. Kepada mahasiswa, saya berpesan agar semakin kreatif dalam berpikir, menemukan ide dan kita tunggu outcome dari kegiatan ini, tambahnya (AFC-red)

About muhammad arif

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …