Dosen Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Presentasi Makalah Pada Kegiatan The 2nd Annual Internatioonal Conference Islamic Studies (2nd AICONIS) di Padang

Dosen Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Presentasi Makalah Pada Kegiatan The 2nd Annual Internatioonal Conference Islamic Studies (2nd AICONIS) di Padang

 

Padang – Dosen Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang diwakili oleh Dr. Afrizal Nur, MIS yang juga sebagai Wakil Dekan II dan Afriadi Putra, S.Th.I., M.Hum presentasi makalah The 2nd Annual Internatioonal Conference Islamic Studies (2nd AICONIS) bertempat di ZHM Premier Hotel Padang (12/07/2023) yang ditaja oleh Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol. Kegiatan tersebut mengangkat tema Islam and Social Changes in Shoutheast Asia. Adapun peserta yang hadir berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia mulai dari Sumatera sampai Sulawesi.

Hadir sebagai invited speaker Prof. Ronald A. Lukens-Bull (professor of Anthropology and Religious Studies, University of North Florida); Prof. Abdulcader M.Ayo, Ph.D (Dean of the College King Faisal Centre for Islamic Arabic and Asian Studies, Philippines); Dr. Sittie Jehanne U.Mutin, MA (Independent Consultant on Gender, Social Inclusion, Peace and Security, Philippines) dan Dr. Zaim Rais, MA (Associate Professor, State Islamic University Imam Bonjol Padang, Indonesia).

Seminar Internasional ini dibuka oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd yang juga bertindak sebagai keynote speaker, bersama dengan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. Andri Ashadi, M.Ag sebagai welcoming speech. Dalam sambutannya, Martin Kustati menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih telah hadir dan mengikuti 2nd AICONIS 2023. Diharapkan seminar internasional ini melahirkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat dalam merespons perubahan sosial saat ini.

Perwakilan Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Afrizal Nur mempresentasikan makalah dengan judulKorelasi Syaitan dan Langit dalam Al-Qur’an; Analisis QS. Al-Mulk [67]: 5 dan QS. Ash-Shaffat [37]: 6-10, sedangkan Afriadi Putra mempresentasikan makalah dengan judulEksistensi Qiraat Imam Nafi’ riwayat Qalun di Nusantara.  Selain itu juga hadir dosen Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Dr. H. Hidayatullah Ismail, Lc., MA, Dr. H. Khairunnas Jamal, M.Ag dan Dr. Cand. Edi Hermato, S.Th.I., M.Pd.I sebagai presenter dan partisipan.

Penulis: Afriadi Putra (Sekprodi IAT)

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …