FU UIN SUSKA RIAU TANDATANGANI MOA DENGAN LPMQ

FU UIN SUSKA RIAU TANDATANGANI MoA DENGAN LPMQ

FU Gemilang dan Terbilang

Bandung_disela Rapat Koordinasi Kebijakan Balitbang dan Diklat dalam Memperkuat Kemitraan LPMQ dan Kajian Alquran di Travello Hotel Bandung, juga lakukan penandatanganan MoA antara LPMQ dengan berbagai fakultas Ushuluddin se-indonesia, termasuk Fakultas Ushuuddin UIN Suska Riau.

Sebelum penandatanganan MoA tersebut, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. Ali Ramdhani menyampaikan bahwa sangat urgent dan penting keberadaan Fakultas Ushuluddin. Ia mengibaratkan PTKI sebagai akronim “ustad” U Ushuluddin, S Syariah, T Tarbiyah, A Adab dan D Dakwah. Di sini terlihat bahwa Ushuluddin merupakan soko guru dari PTKI dan lebih khusus lagi Prodi Ilmu¬† Al-Quran dan Tafsir menjadi sebuah nyawa dan ruh bagi Ushuluddin dan PTKI.

Dalam pandangan beliau, bahwa Dirjen Pendis memastikan bahwa pengembangan dan peningkatan kelembagaan dimulai juga dari Prodi ilmu Alquran dan Tafsir ini dengan berbagai peningkatan penelitian dan kajian terhadap keilmuan Alquran dan tafsirnya serta mencari dan meningkatkan kader-kader yang bergelut di dalam kajian Alquran.

Pada saat yang bersamaan dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau mengenai beberapa hal diantaranya penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Penandatanganan MoA ini disaksikan langsung oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Prof. Suyitno dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Ali Ramdhani.

Maksud dari MoA ini adalah mensinergikan potensi masing-masing pihak dalam memperoleh hasil yang maksimal di berbagai kegiatan pendidikan serta penelitian dan pengabdian masyarakat dengan maksud untuk meningkatkan pelaksanaan program nasional, khususnya di bidang pendidikan, penelitian dan peningkatan pengembangan kompetisi sumber daya manusia dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Adapun ruang lingkup MoA meliputi peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, program pendidikan dan pembelajaran yang meliputi visit and capacity building, edukasi, pelatihan dan Workshop Al-Quran, penerjemahan Al-Quran, Al-Quran Braille dan Isyarat serta penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya manusia yang di dalamnya terdapat penguatan metode terjemah dan manuskrip Al-Quran, kolaborasi penelitian, pelibatan reviewer dalam penulisan jurnal serta berbagai forum ilmiah.

Bagi Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, Dekan Dr. H. Jamaluddin, M.Us. melihat ini merupakan peluang yang sangat bagus dan perlu dimanfaatkan bagi pengembangan sumber daya manusia baik dosen maupun mahasiswa dalam memperdalam kajian-kajian dan berbagai keilmuan dalam Alquran. Hal ini sangat bermanfaat baik bagi Dosen, Mahasiswa maupun masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari kajian-kajian ini. Oleh sebab itu, Fakultas Ushuluddin akan memanfaatkan MoA ini dengan sebaik-baiknya untuk mengapai Fakultas Ushuluddin yang Gemilang dan Terbilang demi terwujudnya UIN Suska Riau yang Gemilang dan Terbilang tentunya.

Dokumentasi:

About azmi

Check Also

PEMBATASAN PENGGUNAAN AKUN EMAIL STUDENT

Pengumuman tentang Pembatasan Penggunaan Akun Email Student