FU UIN SUSKA RIAU DUKUNG KEBIJAKAN BALITBANG DIKLAT KEMENAG RI

FU UIN SUSKA RIAU MENDUKUNG KEBIJAKAN BALITBANG DIKLAT KEMENAG RI

Bandung_1 Maret 2023

1 Maret 2023 dilaksanakan Rapat Koordinasi Kebijakan Balitbang dan Diklat dalam rangka Memperkuat Kemitraan LPMQ dan Kajian Al-Quran di Hotel Travello Bandung.

Rapat koordinasi ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Badan Balitbang dan Diklat Prof. Dr. Suyitno.  Pada rapat ini, hadir 31 Dekan Fakultas Ushuluddin se Indonesia, termasuk Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau yakni Dr. H. Jamaluddin, M.Us.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Dr. Abdul Aziz menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diharapkan dan mempunyai output bagi pemahaman dan pengembangan dari kajian Alquran yang dirasakan langsung oleh masyarakat seperti mata kuliah Ilmu Rasm, Ilmu Syakl wal Waqf, mata kuliah yang saat ini hampir tidak disampaikan oleh berbagai lembaga dalam pembelajarannya. Ia juga mengungkapkan bahwa di LPMQ terdapat tokoh, pakar yang sangat mumpuni dalam kajian-kajian Alquran.

Selanjutnya, Ketua Forum Dekan Fakultas Ushuluddin se-Indonesia Yusuf Rahman, MA., Ph. D dalam sambutannya mengungkapkan bahwa begitu antusias para dekan dengan produk-produk atau program yang ada di LPMQ yang bisa di manfaatkan dalam bentuk kerjasama, boleh jadi pelatihan tashih ini menjadi SKPI bagi setiap fakultas Ushuluddin yang mempunyai Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir.

Begitupun dalam arahannya, Kepala Badan Diklat Prof. Dr. Suyitno, Balitbang Diklat berusaha dan berupaya memberdayakan aset-aset yang terkait dengan Program Studi Ilmu Alquran dengan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran di perguruan tinggi keagamaan Islam.  Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir ini merupakan roh jiwa dari perguruan tinggi keagamaan Islam. Tentunya usaha dan upaya menjadikan Prodi ilmu Alquran dan Tafsir ini menjadi Prodi yang diminati oleh masyarakat dan akan menjadi salah satu Prodi paforit yang akan menempati tenaga fungsional yang ada di Kementerian Agama, dalam bahasa beliau “from Us to Public Society”. Ia juga mengungkapkan bahwa upaya dan usaha serta pemberdayaan LPMQ dengan prodi IAT ini dalam rangka pemanfaatan dana LPDP yang sangat banyak, yang sangat diharapkan bisa diikuti oleh Prodi IAT sehingga menjadi Prodi yang berkembang di masa depan.

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau Dr. H. Jamaluddin, M.Us. mengungkapkan antusiasme dan menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan yang dipastikan akan memberi keuntungan yang luar biasa bagi Prodi ilmu Alquran dan Tafsir dalam pemberdayaan dan kerjasama dengan LPMQ yang akan dirasakan oleh masyarakat manfaatnya secara keseluruhannya. Insya Allah seluruh dekan yang mengikuti agenda ini akan mengimplementasikan upaya-upaya ini di fakultas masing-masing.

“FU Gemilang dan terbilang”.

“UIN SUSKA RIAU Gemilang dan Terbilang”

Dokumentasi:

    

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …