Dosen Fakultas Ushuluddin Berpartisipasi Pada Kegiatan The 5th Annual Meeting

and Internatioonal Conference AIAT di Gorontalo

 

Gorontalo – Dosen Fakultas Ushuluddin yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Afriadi Putra, S.Th.I., M.Hum mengikuti pertemuan tahunan dan seminar Internasional Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir se-Indonesia (AIAT) di Gorontalo (13-16/09/2022) yang bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai. Kegiatan tersebut mengangkat tema Rethinking Qur’anic Studies in the Digital Era. Adapun peserta yang hadir berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Maluku.

 

Hadir sebagai narasumber para pakar studi qur’an nasional dan internasional seperti Prof. Walid Saleh (University of Toronto, Kanada); Dr. Karen Bauer (The Institute of Ismaili Studies, London), Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, MA (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta) dan Prof. Dr. KH. Yudian Wahyudi, MA (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

 

Rangkaian kegiatan secara resmi dibuka oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Zulkarnaen Sulaiman, M.H.I, bersama dengan Dekan Fakultas Ushuluddin & Adab Dr. Andies Kango, M.Ag. Dalam sambutannya, Zulkarnaen menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih sudah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Gorontalo wa bil khusus IAIN Sultan Amai untuk menjadi tuan rumah pertemuan akbar para pakar studi qur’an ini.

 

Pada hari berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan seminar Internasional yang dipandu oleh ketua umum Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir se-Indonesia (AIAT) Prof. Dr.phil Sahiron Syamsuddin, MA. Selanjutnya digelar sesi paralel untuk memberikan kesempatan kepada para pemakalah mempresesntasikan hasil penelitiannya. Perwakilan Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Afriadi Putra mempresentasikan makalah dengan judul Manuskrip Mushaf Al-Qur’an karya Syekh Muhammad Said Ranah Kumpai; Analisis Rasm dan Qiraat.

 

Kegiatan yang berlansung selama tiga hari ini ditutup dengan rapat pleno tentang laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus AIAT periode 2015 – 2022. Kemudian juga dilakukan pemilihan ketua baru dan terpilih kembali Prof. Dr.phil Sahiron Syamsuddin, MA untuk menahkhodai AIAT lima tahun akan datang.

Dokumentasi:

Penulis: Afriadi Putra