Mahasiwa Prodi IAT Menjadi Peserta STQ Nasional XXVI di Maluku Utara

Mahasiwa Prodi IAT Menjadi Peserta STQ Nasional XXVI di Maluku Utara
Pekanbaru – Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, Hanifa Fanny Muharani menjadi peserta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional ke XXVI yang diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara dari tanggal 16 – 25 Oktober 2021.

STQ Nasional ke XXVI dipusatkan di Masjid Raya Shafful Khairat, Sofifi (Ibukota Provinsi Maluku Utara) dan diikuti oleh perwakilan dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Dalam keterangan pers, panitia pusat STQ Nasional ke XXVI Tahun 2021 Kamaruddin Amin menyampaikan peserta yang telah terverifikasi untuk STQ Nasional ke XXVI berjumlah 589 peserta dan calon hakim sebanyak 60 orang.

Qari’ah yang akrab disapa Fanny ini merupakan mahasiswi Prodi IAT semester V kelas bilingual. Ia dikenal sebagai mahasiswi dengan segudang prestasi mulai dari tingkat Daerah sampai ke tingkat Nasional. Selain itu, Fanny juga sering diundang untuk mengisi acara intenal di UIN Sultan Syarif Kasim Riau maupun acara di luar institusi.

Pada STQ ke XXVI ini Fanny mengikuti cabang Tahfizh 5 Juz dan Tilawah. Ada empat cabang yang akan dilombakan yakni Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Hifzhil Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an dan Cabang Hadis untuk putra-putri.

Keikutsertaan Fanny di ajang STQ Nasional ke XXVI ini adalah prestasi yang sangat membanggakan, disamping itu dengan adanya prestasi dari salah seorang mahasiswi ini menunjukkan bahwa Prodi IAT pantas meraih Akreditasi Unggul yang sudah diraih sejak tahun 2017 yang lalu.

Ketua Prodi IAT Agus Firdaus Chandra sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswanya tersebut. “Melihat rekam jejak prestasinya selama ini, saya sangat yakin Fanny akan meraih hasil terbaik di STQ Nasional ke XXVI dan menjadi rool model mahasiswa Prodi IAT,” paparnya, Rabu (13/20/2021).

Terpisah, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau Jamaluddin menyampaikan apresiasinya dengan memberikan motivasi dan semangat kepada Hanifa Fanny Muharani untuk selalu menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, serta mengukir prestasi setinggi-tingginya. “Kita sangat bangga dengan adanya mahasiswa Fakultas Ushuluddin menjadi peserta pada ajang STQ Nasional ke XXVI, karena ini membuktikan bahwa kita selalu memiliki bibit unggul, sekaligus dapat mewujudkan Fakultas Ushuluddin yang Gemilang dan Terbilang”, tutupnya. (AP)

Penulis: Afriadi Putra

DOKUMENTASI:

111

1111

About Ushuluddin

Check Also

MAULID NABI MUHAMMAD SAW