Home / BERITA UTAMA / Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Mengadakan Pengabdian Masyarakat di masa Pandemi Covid-19

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Mengadakan Pengabdian Masyarakat di masa Pandemi Covid-19

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Mengadakan Pengabdian Masyarakat di masa Pandemi Covid-19

 

Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau mengadakan pengabdian masyarakat dengan mengambil tema “Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini berlansung selama dua bulan dari tanggal 07 Juli sampai tanggal 28 Agustus 2020 yang bertempat di TPA Nurul Iman Desa Binuang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar.
Pengabdian ini merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi selain pendidikan-pengajaran dan penelitian. Adapun tim dosen yang melaksanakan pengabdian tersebut adalah Dr. H. Johar Arifin, Lc., MA (dosen prodi Ilmu Hadis),  Dr. H. Khairunnas Jamal, M.Ag;  Afriadi Putra, S.Th.I., M.Hum; Muhammad Yasir, MA; Edi Hermanto, S.Th.I., M.Pd.I (dosen prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), dan Jani Arni, M.Ag (dosen sekaligus ketua prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir). Selain itu, dalam pelaksanaannya tim pengabdi juga melibatkan mahasiswa, yaitu Hanifa Fanny Muharani, Miftahul Jannah (mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ) dan Indah Nurrahmi (mahasiswa prodi Ilmu Hadis).
Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan sekaligus meningkatkan kompetensi murid-murid TPA Nurul Iman Desa Binuang, Kecamatan Bangkinang. Metode pengabdian yang dilakukan berbentuk pembinaan akhlak, tahsin dan tilawah Al-Qur’an, dan tahfiz. Di samping itu, tim pengabdi juga menghadirkan dokter dari Puskesmas Kecamatan Bangkinang, bapak dr. Syafli Randy Yurdana yang memaparkan tentang pola hidup sehat dan pentingnya mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini.
Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) ibu Jani Arni, M.Ag mengungkapkan bahwa pengabdian masyarakat merupakan program yang sudah tertuang dalam visi dan misi prodi IAT. Hal tersebut juga bentuk implementasi dari “tri darma perguruan tinggi” yang diamanahkan kepada lembaga pendidikan tinggi.
Dalam kondisi serba terbatas terlebih dengan adanya pandemi covid-19 seperti saat ini, kita harus tetap berbuat untuk masyarakat, karena masyarakat membutuhkan tenaga kita. “Prodi IAT tentunya terus berkomitmen dalam hal ini dan sangat mendukung kegiatan yang dibuat oleh dosen-dosen, mudah-mudahan memberikan konstribusi maksimal di tengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

8

 

7

6

4

5

3

2

1

 

 

About Ushuluddin

Check Also

Fanny_Lomba

Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin tetap berkarya dimasa Pandemi Covid 19

Mahasiswa Prodi IAT Mengikuti Festival Qur’ani Virtual Tingkat Nasional   Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *