Profil Studi Agama-agama

Prodi Studi Agama-Agama UIN Riau saat ini telah terakreditasi A oleh BAN PT dengan nomor SK 571/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018 hingga 1 Maret 2023. Prodi Studi Agama-agama pada mulanya bernama Jurusan Perbandingan Agama yang ada di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau yang di dirikan pada tahun 1991 yang berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Susqa Nomor: 30/R/1991 Tertanggal, 6 Juni 1991. Kemudiam Sesuai perkembangan hari ini, Jurusan Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, merujuk pada hasil pertemuan Asosiasi Studi Agama Indonesia (ASAI) di Makasar 22- 24 Juli 2016 menyepakati, bahwa Jurusan Perbandingan diubah nama menjadi Jurusan / Prodi Studi Agama-Agama di singkat dengan (SAA). Untuk selanjutnya melalui Asosiasi Studi Agama Indonesia (ASAI) diusulkan kepada Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Agama Islam untuk menjadi Prodi Studi Agama-Agama. Hasil yang diperoleh dari pertemuan tersebut lahir Peraturan Mentri Agama No. 33 tahun 2016, tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan. Pada lampiran Peraturan Menteri Agama No 33 tahun 2016 tersebut, bahwa Prodi Perbandingan Agama tidak disebutkan lagi, akan tetpi diubah menjadi Prodi Studi Agama-Agama (SAA) dengan gelar Sarjana Agama disingkat S.Ag. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Nomor. 1594/R/2016 tentang Penetapan Perubahan nama jurusan / prodi pada Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau, bahwa Prodi Perbandingan Agama diubah nama menjadi Jurusan / Prodi Studi Agama-Agama (SAA). Berikut berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor: 6943 Tahun 2016 tentang, Perubahan dan Penyesuaian Nomenklatur Program Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Berdasarkan hal tersebut di atas bahwa Prodi Studi Agama-Agama telah dapat digunakan sebagai penggati nama Jurusan Perbandingan Agama.
Struktur organisasi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, disusun berdasarkan Statuta Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau. Struktur ini didesain untuk menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi Prodi Studi Agama-Agama dalam mengimplementasikan visi, misi, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan syarif Kasim Riau saat ini adalah Dr. Jamaluddin, M.Us (2018-2024), sedangkan Ketua Prodi Studi Agama-Agama adalah Dr. Khotimah, M.Ag dengan Sekretaris Prodi Khairiah, M.Ag.
Prodi Studi Agama-Agama memiliki 10 tenaga pengajar tetap, 1 orang bergelar Profesor, 6 orang bergelar Doktor, dan 3 orang bergelar Magister Agama. Jenjang Jabatan Fungsional terdiri dari :1 orang Guru Besar, 7 orang lektor Kepala dan 2 orang lektor.Adapun ratio staf pengajar dengan mahasiswa saat ini baik yakni 1: 12.
Pada tahun ajaran 2017 / 2018 Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Prodi Studi Agama-Agama, adalah sebanyak 101 orang. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai Propinsi yang ada di Indonesia, seperti dari Propinsi Riau sendiri, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatra Utara, Aceh, Jambi, Sumatera selatandan lain sebagainya. Untuk diketahui bahwa Prodi Studi Agama-Agama mulai tahun ajaran 2017/2018 mengalami peningkatan peminat 200% yang pada tahun sebelumnya mahasiswa yang masuk hanya berjumlah 15 orang pada tahun ini berjumlah menjadi 75 orang.Upaya penelusuran tingkat keterpakaian lulusan Prodi Studi Agama-Agama pada tahun 2015. Dengan Penelusuran tingkat keterpakaian lulusan Prodi Studi Agama-Agama, maka diketahui, bahwa 46.6 % lulusan mejadi Tenaga pendidik (guru) diberbagai lembaga pendidikan. Sebagai penyuluh bidang agama dan sosial keagamaan (PNS) 21,03 %, bekerja diberbagai perusahaan swasta sebesar 30 %, bergerak di bidang wiraswasta sekitar 10,0% dan yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sekitar 3,33%. Berpijak dari informasi yang didapat dari mahasiswa dan juga para alumni serta pengguna alumni, maka perlu adanya review kurikulum yang saat ini diarahkan kepada kurikulum berbasis KKNI.
Untuk kegiatan Prodi Studi Agama-Agama (SAA), maka perlu untuk menetapkan Visi dan Misi Jurusan / Prodi Studi Agama-Agama sebagai salah satu Program Studi di lingkungan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif kasim Riau, sekaligus melakukan Review Kurikulum Prodi Studi Agama-Agama yang mengarah pada Kurikulum Berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI)

About Ushuluddin

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …