Home / PROFIL / Sejarah

Sejarah

Fakultas Ushuluddin

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau berdiri pada  tanggal 9 September 1970 sebagai kelanjutan dari Fakultas Ushuluddin Annur yang dinegerikan. Pada tahun 1982, ada 2 Jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu  (1) Jurusan Dakwah  dan (2) Jurusan Akidah Filsafat. Menyusul kemudian, pada 6 Juni 1991 dibuka (3) JurusanTafsir Hadis  dan (4)  Jurusan Perbandingan Agama . Pada tahun 1996, dibuka (5) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam dan (6) Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Dua jurusan terakhir ini penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaannya pada Fakultas Ushuluddin sambil menunggu berdirinya Fakultas Dakwah (dan Ilmu Komunikasi). Kemudian pada tahun 2000, dalam rangka persiapan IAIN Susqa Pekanbaru menjadi UIN Suska Riau, Fakultas Ushuluddin membuka (7) Jurusan Administrasi Negara. Pada 9 Februari 2005, IAIN Susqa Pekanbaru resmi ditingkatkan statusnya menjadi UIN Suska Riau oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan setahun kemudian, Jurusan Administrasi Negara ini menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Jadi, dalam 35 tahun perjalanan Fakultas Ushuluddin (1970-2005), terdapat tujuh jurusan/prodi.

Sekarang, setelah lebih dari 45 tahun keberadaan Fakultas Ushuluddin (1970-2016), dinamikanya tidak hanya terletak pada jumlah sumber daya dosen, tetapi juga pada input dan lulusannya. Keberadaannya tetap dibutuhkan untuk menjaga keberlanjutan studi ilmu-ilmu Ushuluddin yang telah menjadi alasan historis, alasan ideal dan alasan logis keberadaan IAIN Susqa Pekanbaru-UIN Suska Riau. Kecenderungan arah globalisasi yang menuntut perguruan tinggi memiliki daya saing tinggi, telah mendorong Fakultas Ushuluddin untuk meningkatkan daya saing dengan memaksimalkan potensi yang ada sekaligus memerlukan affirmatif action dari segenap pihak agar penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengkajian ilmu-ilmu Ushuluddin dapat berlangsung dengan baik dan maju.

About Admin

Administrator

Check Also

Visi, Misi & Tujuan

Visi: “Terwujudnya Fakultas Ushuluddin sebagai fakultas terkemuka dalam integrasi Ilmu Ushuluddin dengan ipteks-sosbud di Asia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *