HMPS IAT Perkuat Peran Masjid Sebagai Pusat Kehidupan

Kampar – Bertempat di desa Sahilan Darussalam, Kamis (26/9) – Minggu (29/9), Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir mengadakan kegiatan sosial dengan maksud Mengabdi pada Masyarakat. Kegiatan ini bermaksud untuk melatih jiwa sosial sebagai seorang mahasiswa yang turut andil dalam memajukan peradaban islami di Desa Sahilan Darussalam yang dimulai sejak pukul 06.00 pada hari Kamis (26/9) sampai pukul 13.00 pada hari Minggu (29/9).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yaitu Ustadz Agus Firdaus Chandra, Lc, M.A dan dibersamai oleh tim dari Fakultas Ushuluddin. Pengabdian Masyarakat yang ditaja oleh HMPS IAT 2024 bertema “Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Keagamaan Islam Berbasis Masjid untuk Membangun Generasi Islami” dengan maksud berupaya nyata untuk memperkuat peran masjid sebagai pusat kehidupan masyarakat, terutama dalam pendidikan, spiritualitas, dan pembentukan karakter generasi muda yang islami.

Melalui pemberdayaan berbasis masjid, masyarakat dilibatkan secara aktif untuk mengembangkan potensi keilmuan dan spiritual mereka, sehingga nilai-nilai Islam tertanam kuat dalam setiap lapisan masyarakat. Dengan demikian, pengabdian ini bertujuan menciptakan generasi yang berakhlak mulia, beriman, berilmu, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Pengabdian masyarakat ini beranggotakan 28 orang mahasiswa anggota HMPS IAT 2024. Yang diketuai oleh Ardian Syahputra dan beberapa bagian struktur kepanitiaan, diantaranya bagian acara, bagian perlengkapan, bagian konsumsi dan koordinator lapangan. Pada hari pertama panitia focus pada sosialisasi kepada setiap peran penting masyarakat dan pendekatan terhadap mayarakat desa. Selanjutnya memulai kegiatan dengan focus menebar ilmu pengetahuan dengan mengajar ngaji, sholat berjama’ah di masjid, ikut serta mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS).

Pada sore hari, panitia mengadakan senam Bersama untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat desa dan sebagian anak-anak ikut serta dalam latihan Pentas Seni yang diadakan oleh HMPS IAT sebagai penutup acara. Selain itu panitia juga turut andil dalam Gotong Royong membersihkan masjid dan musholla sekitar Desa Sahilan Darussalam.

Sebagai penutup acara, panitia mengadakan Malam Api Unggun yang dihadiri oleh Bapak Kepala Dusun, RW dan RT dan dimeriahkan oleh para siswa siswi sekolah MI dan MTS dengan Tari Nirmala, Tari Zapin, Hadroh dan Upacara Api Unggun. Panitia turut membawakan nasyid pada acara penutupan tersebut. Masyarakat desa ikut meramaikan acara penutupan dengan penuh semangat dan haru karna perpisahan.

Sebagai kenang-kengangan, HMPS IAT menyerahkan cendramata berupa plakat akrilik dan seluruh siswa-siswi yang turut berpartisipasi diberikan sertifikat dan berfoto bersama (mhs-red)

About muhammad arif

Check Also

Sambut Tantangan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi, Tiga Dosen AFI UIN Suska Riau Ikuti Simposium Nasioal ASAFI di Bandung

Tuntutan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi telah bergema sejak dekade pertama tahun 2000 dan semakin menguat pada …