Teliti Buah Tanaman Al-Wars, Mahasiswa ILHA Raih Pemuncak Wisuda Tingkat Universitas

Sharhan begitu nama sapaan sehari-harinya, mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau, yang berhasil meraih pemuncak wisudawan tingkat universitas pada Selasa, 8 Oktober 2024. Pria dengan nama lengkap Sharhan Asad Almawarid, anak dari pasangan Refraldi dan Suryawati ini menggapai puncak dengan IPK 3,93  dengan judul skripsi “Khasiat Buah Tanaman Al-Wars Perspektif Hadis Ditinjau Dari Segi Kesehatan (Studi Analisis I’jaz ‘Ilmi Fil Hadis). Salah satu bahan obat thibbun nabawi (pengobatan ala Nabi) yang terekam pada hadis adalah tanaman al-wars (dikenal juga dengan nama mallotus philippinensis), memiliki sejarah dalam pengobatan tradisional. Para pakar kesehatan telah menemukan beberapa kandungan, unsur, dan senyawa tertentu pada tanaman al-wars yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

“Kita bangga terhadap Sharhan ini, anak yang cerdas dan penuh semangat. Bahkan Dia (Sharhan-red) diberi kepercayaan untuk mempimpin pembacaan doa dalam helat wisuda ke XI ini, bahkan do’a tersebut diulas ulang dalam orasi ilmiah Prof. Dr. H. Muhammad Syaifuddin, M.Ag yang merupakan guru besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan” Ungkap Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Jamaluddin, M. Us. Selain itu, Jamaluddin juga menjelaskan  bahwa wisuda dilaksanakan tiga hari berturut-turut yang dibagi menjadi periode XI, XII dan XIII. Untuk periode XI ini  dari fakultas Ushuluddin sebanyak 43 orang, periode XII sebanyak 41 orang dan periode sebanyak 39 orang. (rif-red)

About muhammad arif

Check Also

Sambut Tantangan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi, Tiga Dosen AFI UIN Suska Riau Ikuti Simposium Nasioal ASAFI di Bandung

Tuntutan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi telah bergema sejak dekade pertama tahun 2000 dan semakin menguat pada …