HMPS AFI Turun ke Lapangan Menggalang Donasi untuk Bencana Sumbar

Sejak pertengahan Mei 2024 hingga awal Juni 2024 Ranah Minang tidak henti-hentinya dilanda bencana. Mulai dari tanah longsor di wilayah Kabupaten Tanah Datar sampai lahar dingin Gunung Merapi. Peritiwa bencana ini memnggugah keprihatian mahasiwa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program  Studi (HMPS) AFI. Selama 3 hari bertuturut-turut terhitung mulai tanggal 20, 21 dan 25 Mei 2024 HMPS AFI menggalang dana bantuan untuk para korban bencana Sumbar.

Kegiatan sosial kemanusiaan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pengurus Wilayah Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA Persis) Riau. Selama ini memang selalu dilakukan kerjasama antara HMPS AFI dengan Persis Riau dan Ormas Islam lainnya  untuk bersinergi dalam rangka membangun umat. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini selain sebagai cara memperkuat persatuan umat, juga memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa AFI itu sendiri sebagai “bekal”hidup bermasyarakat.

Penggalangan dana ini dilaksanakan di beberapa titik lokasi; yakni, perempatan Jl. Arifin Ahmad Pekanbaru dan perempatan lampu merah Jl. Nangka Pekanbaru. “’Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan bantuan kepada para korban bencana untuk dapat sedikit meringankan beban hidup mereka.” (Dzaki Rinaldo, ketua HMPS AFI).

Dari tiga kali kegiatan turun ke jalan menggalang donasi tersebut ada hari di mana HMPS hanya mendapatkan kurang dari 1 juta rupiah, namun demikian para mahasiswa tidak berputus asa. Mereka tetap melanjutkan perjuangan untuk membantu sesama manusia. “Sedikit atau banyak bukanlah hitungan yang penting niatnya untuk membantu sesama manusia” demikian ujar Sang Ketua

Total keseluruhan hasil dari penggalangan dana ini sebesar Rp. 3.940.000 dan langsung diserah ke Pusat Zakat Ummat Persis Riau untuk digabungkan dengan donasi lainnya lalu disalurkan ke wilayah bencana.

About muhammad arif

Check Also

HMPS IAT Perkuat Peran Masjid Sebagai Pusat Kehidupan

Kampar – Bertempat di desa Sahilan Darussalam, Kamis (26/9) – Minggu (29/9), Himpunan Mahasiswa Program …