Menuju MBKM, Fakultas Ushuluddin Gelar Kegiatan Review Kurikulum Melibatkan Stakeholder dan Alumni

Menuju MBKM, Fakultas Ushuluddin Gelar Kegiatan Review Kurikulum

Melibatkan Stakeholder dan Alumni

Pekanbaru – Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan Review Kurikulum serentak pada tanggal 26 Oktober 2022 dengan mengangkat tema “Rancangan Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)“. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai 3 Fakultas yang dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau, stakeholder dan alumni.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Jamaluddin, M.Us yang didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Rina Rehayati, M.Ag; Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Afrizal Nur, MIS serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., MA. Turut hadir Plt Kabag TU, Kasubbag, Ketua KPM, Kaprodi, Sekprodi dan Tendik di lingkungan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Jamaluddin, M.Us berharap kegiatan review kurikulum ini menghasilkan output kurikulum yang mumpuni dan mengarah kepada merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) menuju Fakultas Ushuluddin yang Gemilang dan Terbilang. Selanjutnya pemaparan oleh narasumber Anwardi, ST., MT (dosen Prodi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau) yang menjelaskan tentang pola penyusunan kurikulum berbasis merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Pada kegiatan ini juga menghadirkan narasumber sesuai dengan bidang dan prodi masing-masing. Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menghadirkan Asesor sekaligus Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Dr. Islah Gusmian, M.Ag, Prodi Ilmu Hadis menghadirkan pakar hadis Dr. H. Zailani, M.Ag, Prodi Akidah dan Filsafat Islam menghadirkan Guru Besar UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Amril Mukminin, M.Ag dan Prodi Studi Agama-agama menghadirkan Anggota FKUB Kota Pekanbaru Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., M.Ag.

Salah seorang alumni, Fauzan Azima yang diwawancarai ketika pelaksanaan kegiatan mengatakan bahwa kurikulum saat ini harus sesuai dengan kebutuhan zaman dan berbasis data tracer study, sehingga nantinya alumni Fakultas Ushuluddin dapat lansung berkiprah di masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya.

Kemudian saya juga mengucapkan terima kasih telah diundang pada kegiatan ini, saya bangga bisa memberikan masukan kepada almamater tercinta, tutupnya.

 

Penulis: Afriadi Putra (Sekprodi IAT).

Dokumentasi: 

 

About azmi

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …