Home / PRODI / Studi Agama-Agama

Studi Agama-Agama

PROFIL PRODI STUDI AGAMA-AGAMA

Prodi Studi Agama-Agama UIN Riau saat ini telah terakreditasi A oleh BAN PT dengan Nomor SK 571/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018 hingga 1 Maret 2023. Prodi Studi Agama-agama pada mulanya bernama Jurusan Perbandingan Agama yang ada di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau yang di dirikan pada tahun 1991 yang berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN  Susqa Nomor: 30/R/1991 Tertanggal, 6 Juni 1991. Kemudiam Sesuai perkembangan hari ini, Jurusan  Perbandingan  Agama Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, merujuk pada hasil  pertemuan  Asosiasi Studi Agama Indonesia (ASAI) di Makasar 22- 24 Juli 2016 menyepakati, bahwa Jurusan Perbandingan diubah nama menjadi Jurusan / Prodi Studi Agama-Agama di singkat dengan (SAA). Untuk selanjutnya melalui Asosiasi Studi Agama Indonesia (ASAI) diusulkan kepada  Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Agama Islam untuk menjadi Prodi Studi Agama-Agama. Hasil yang diperoleh dari pertemuan tersebut  lahir  Peraturan Mentri Agama No. 33 tahun  2016, tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi  Keagamaan.  Pada lampiran  Peraturan  Menteri  Agama  No 33 tahun 2016 tersebut,  bahwa  Prodi  Perbandingan Agama  tidak disebutkan lagi, akan tetpi diubah  menjadi  Prodi Studi Agama-Agama (SAA) dengan gelar  Sarjana Agama  disingkat S.Ag.  Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan  Rektor  UIN  Sultan  Syarif  Kasim  Riau  Nomor. 1594/R/2016  tentang  Penetapan  Perubahan  nama jurusan / prodi  pada Fakultas Ushuluddin  UIN  Sultan  Syarif  Kasim  Riau, bahwa  Prodi  Perbandingan  Agama  diubah nama  menjadi Jurusan / Prodi  Studi Agama-Agama (SAA).  Berikut berdasarkan  Keputusan Direktur Jendral  Pendidikan Islam Nomor: 6943 Tahun 2016 tentang, Perubahan dan Penyesuaian Nomenklatur Program Studi pada  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).  Berdasarkan  hal tersebut di atas bahwa Prodi Studi Agama-Agama telah  dapat digunakan  sebagai penggati nama Jurusan  Perbandingan Agama.Prodi

Struktur  organisasi  Fakultas  Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan  Syarif  Kasim Riau,  disusun  berdasarkan  Statuta  Universitas Islam Negeri Sultan  syarif  Kasim  Riau.   Struktur ini didesain untuk menjawab tantangan dan  peluang  yang  dihadapi  Prodi Studi Agama-Agama dalam mengimplementasikan visi, misi, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sultan syarif Kasim Riau saat ini adalah Dr. Wilaela, M.Ag, sedangkan Ketua Prodi  Studi Agama-Agama adalah  Dr. Khotimah, M.Ag dengan Sekretaris Prodi Khairiah, M.Ag.

Prodi  Studi Agama-Agama memiliki 9 tenaga pengajar tetap, 1 orang bergelar Profesor, 7 orang bergelar Doktor, dan 2 orang bergelar Magister Agama. Jenjang Jabatan Fungsional terdiri dari :1 orang  Guru Besar,  7 orang  lektor  Kepala dan  2 orang lektor.Adapun ratio staf pengajar dengan  mahasiswa saat ini  baik  yakni 1: 17.

Pada tahun ajaran 2019 2020 Jumlah mahasiswa yang  terdaftar di Prodi Studi Agama-Agama, adalah sebanyak 156 orang.  Mahasiswa  tersebut  berasal dari berbagai  Propinsi  yang  ada  di Indonesia,  seperti  dari  Propinsi Riau sendiri, Kepulauan Riau,   Sumatera  Barat, Sumatra  Utara,  Aceh,  Jambi,  Sumatera  selatandan lain sebagainya. Untuk diketahui bahwa  Prodi Studi Agama-Agama mulai tahun ajaran 2017/2018 hingga tahun ajaran 2019/2020 ini mengalami peningkatan peminat 200% yang pada tahun sebelumnya mahasiswa yang masuk hanya berjumlah 15 orang pada tahun ini berjumlah menjadi 75 orang.Upaya  penelusuran tingkat  keterpakaian   lulusan  Prodi Studi Agama-Agama  pada tahun  2015. Dengan Penelusuran tingkat keterpakaian  lulusan  Prodi Studi Agama-Agama, maka diketahui, bahwa  46.6 % lulusan mejadi Tenaga pendidik (guru) diberbagai lembaga pendidikan. Sebagai  penyuluh  bidang agama dan sosial keagamaan (PNS) 21,03 %,  bekerja diberbagai perusahaan swasta  sebesar 30 %, bergerak  di bidang  wiraswasta  sekitar 10,0% dan  yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sekitar 3,33%. Berpijak dari informasi yang didapat dari  mahasiswa dan juga para alumni serta pengguna alumni, maka selalu diadakan review kurikulum setiap 4 tahun sekali.

 

About Admin

Administrator

Check Also

8

Implementasi MOA Prodi SAA dengan Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Propinsi Riau

Selasa 1 Oktober 2019, Prodi Studi Agama-Agama melakukan kegiatan Implementasi MOA dengan Museum Sang Nila …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *