Praktek Kerja Lapangan (PKL) Penguatan Kompetensi Mahasiswa Studi Agama-agama (SAA) Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau Tahun Ajaran 2017/2018

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian kurikulum 2015 yang sedang berjalan pada prodi SAA.  Pada prodi SAA PKL Penguatan Kompetensi  diarahkan untuk memberikan penguatan pada kompetensi peneliti madya sebagai salah satu profil lulusan SAA. Ada tiga profil utama lulusan prodi SAA yakni; sebagai Peneliti madya, akademisi dan aktifis sosial keagamaan. Berbeda dengan model PKL yang dilaksanakan di prodi lain, yang biasanya memperkenalkan mahasiswa pada dunia perkantoran, PKL penguatan kompetensi ini mendekatkan dan mengenalkan mahasiswa pada situasi riil di lapangan. mengobservasi dan memberi analisa tentang saituasi dan kondisi komunitas dan kegiatan keagamaan.

Pada pelaksanaan PKL tanggal 19 November sampai dengan 29 November 2018, mahasiswa SAA diarahkan untuk melakukan PKL di pura Jagat Natha Pekanbaru. Di lokasi rumah ibadah umat Hindu tersebut mahasiswa melakukan obesrvasi dan wawancara dalam rangka PKL model penguatan kompetensi. Sebagai pembimbing PKL Ibu Khotimah, M.Ag dan Khairiah, M.Ag bertindak mengantar, memonitoring dan menjemput mahasiswa secara resmi. Pihak pengurus pura yang bertindak sebagai pamong adalah bapak Kawit, S.Ag.

Bersamaan dengan kegiatan PKL tersebut, Prodi SAA juga telah melakukan penandatangan MoU antara prodi dan pihak Pura. MoU yang ditandatangani tersebut meliputi kerjasama dalam pemberian akses kepada mahasiswa untuk mendapatkan referensi dan kemudahan melakukan obervasi serta kegiatan penelitian akademik lainnya.

pkl1 pkl2 pkl3

About Admin

Administrator

Check Also

Kawal Mahasiswa Semester Atas, Prodi IAT lakukan kegiatan FGD Tuntaskan Skripsi, Meraih Mimpi!

Pekanbaru – Rabu 21 Februari 2024, Dalam meningkatkan akselerasi lulusan terutama mahasiswa semester atas, Prodi …